Picture
Hutan Amazon

Hutan hujan amazon atau yang juga dikenal sebagai hutan amazon, cekungan amazon atau Amazonia, meliputi tujuh juta kilometer persegi (1,7 miliar hektar). Meskipun luas, hutan amazon itu sendiri hanya menempati sekitar 5,5 juta kilometer persegi.

Hutan amazon ini melintasi sembilan negara yakni, Bolivia, Brasil, Ekuador, Guyana, Guyana Perancis, Kolombia, Peru, Suriname dan Venezuela.

Dilihat dari segi volume air, sungai amazon adalah sungai dengan volume terbesar di jagad raya ini. Jika ada 10 sungai paling top di negeri ini yang digabung jadi satu, aliran airnya tak akan bisa mengalahkan amazon.


Picture
Teluk Halong

Teluk Halong terletak di sebelah utara Vietnam dan berada dalam teluk Tonkin dekat perbatasan dengan RRC.

Teluk Halong memiliki luas sebesar 1.500 kilometer persegi. Teluk Halong (bahasa Vietnam) memiliki arti: Teluk naga yang sedang turun.

Di teluk naga yang sedang turun ini juga terdapat 1.969 pulau batu kapur. Batu kapur tersebut menjulang dari laut yang membuatnya terlihat keren.



 
Picture
1.Tembok Besar China
Tembok Besar China (Cina Tradisional: , Cina Ringkas: , pinyin: Chángchéng; harf. "bandar/kota panjang") atau (Cina Tradisional: , Cina Ringkas: , pinyin: Wànlǐ Chángchéng; harf. "Tembok panjang 10,000 Li (), merupakan satu siri kubu China silam yang dibina sekitar 200 SM dan diperkukuh antara akhir abad ke-14 sehingga permulaan abad ke-17, semasa Dinasti Ming, untuk melindungi utara China daripada serangan puak Mongol dan Turkik. Ia didahului oleh beberapa tembok dibina semenjak abad ke-3 SM terhadap perompak puak-puak nomad yang datang dari kawasan yang dikenali hari ini sebagai Mongolia dan Manchuria.

Panjang Tembok Besar China ini ialah kira-kira 6,400 km, daripada Shanhaiguan sehingga ke Teluk Bohai di sebelah timur yang terletak berhampiran dengan sempadan China dan Manchuria, sehingga Lop Nur di sebelah tenggara wilayah Xinjiang. Pada 2009, satu tinjauan arkaeologi baru menggunakan teknologi termaju melaporkan yang panjang keseluruhan tembok, dengan segala cabangnya, menjangkau 8,851.8 km (5,500.3 bt).


Picture
2. Petra
Petra dalam bahasa Yunani berarti "Batu" dan dalam bahasa Arab : البتراء, al-Bitrā merupakan situs arkeologikal di Yordania. Petra sendiri terletak pada dataran rendah di antara pegunungan yang membentuk sayap timur Wadi Araba, yaitu lembah besar mulai dari Laut Mati sampai Teluk Aqaba.


 
1.Sungai Kapuas
   Sungai Kapuas memiliki panjang sekitar 998Km yang berada di Kalimantan Barat. Sungai Kapuas ini juga sering disebut        Sungai Batang Lawai (Laue).
2.Sungai Mahakam
   Sungai Mahakan Memiliki panjang sekitar 920Km yang terletak di Kalimantan Timur. Sungai Ini melintasi wilayah Kabupaten    Kutai Barat di bagian hulu, hingga Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda di bagian hilir. Sungai Ini                        menghubungkan antara kota dan kabupaten yang ada di Kalimantan Timur.
3.Sungai Barito
   Sungai dengan panjang sekitar 704Km ini mempunyai nama lain yaitu Sungai Banjar Besar atau Sungai Banjarmasin.
4.Sungai Mamberamo
   Sungai Mamberamo adalah sebuah sungai sepanjang 684 km yang terletak di sebelah selatan Pegunungan Foja,                    Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua.
5.Sungai Digul
   Sungai Ini terletak di bagian timur tengah papua yang berasal dari pegunungan sterren. Sungai ini di kenal dengan sebutan    TANAH MERAH.
6.Sungai Musi
   Sungai dengan panjang 507Km ini terletak di provinsi Sumatera Selatan - Palembang. sungai ini membuat kota palembang    menjadi 2 bagian karna terbelah oleh sungai musi.
7.Sungai Bengawan Solo
   Sungai Bengawan Solo merupakan sungai terpanjang yg ada di Pulau Jawa (namun bukan terpanjang di Indonesia ya gan).    Panjang sungai ini mencapai 548 km. Hulu sungai ini berada di daerah Pegunungan Kidul, Wonogiri (Jawa tengah) dan            bermuara di Gresik (Jawa Timur). Adapun daerah yg dilewatin sungai ini mulai dari Wonogiri, Pacitan, Sukoharjo, Klaten,         Surakarta, Sragen, Ngawi, Blora, Magetan, Madiun, Bojonegoro, Tuban, Lamongan dan akhirnya Gresik.
 
  
 
Gunung Wetar Memiliki Tinggi 5.282 meter Berada di Propinsi Maluku
Gunung Jaya/Ngapulu Memiliki Tinggi 5.030 meter Berada di Propinsi Papua
Gunung Api Memiliki Tinggi 5.000 meter Berada di Propinsi Pulau Sangir
Gunung Dwikora Memiliki Tinggi 4.750 meter Berada di Propinsi Papua
Gunung Trikora Memiliki Tinggi 4.750 meter Berada di Propinsi Papua
Gunung Mandala Memiliki Tinggi 4.700 meter Berada di Propinsi Papua
Gunung Wurlali Memiliki Tinggi 4.668 meter Berada di Propinsi Maluku
 
Picture
Candi Pringapus
Candi Pringapus adalah candi di desa Pringapus, Ngadirejo, Temanggung 22 Km arah barat laut ibu kota kabupaten Temanggung. Arca-arca berartistik Hindu yang erat kaitanya dengan Dewa Siwa menandakan bahwa Candi Pringapus bersifat Hindu Sekte Siwaistis. Candi tersebut dibangun pada tahun tahun 772 C atau 850 Masehi menurut prasasti yang ditemukan di sekitar candi ketika diadakan restorasi pada tahun 1932.Ciri-cirinya:Candi ini merupakan Replika Mahameru, nama sebuah gunung tempat tinggal para dewata. Hal ini terbukti dengan adanya adanya hiasan Antefiq dan Relief Hapsara-hapsari yang menggambarkan makhluk setengah dewa. Candi Pringapus bersifat Hindu Sekte Siwaistis


Picture
Candi Cangkuang
Candi Cangkuang adalah sebuah candi Hindu yang terdapat di Kampung Pulo, wilayah Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut, Jawa Barat. Candi inilah juga yang pertama kali ditemukan di Tatar Sunda serta merupakan satu-satunya candi Hindu di Tatar Sunda.Ciri-cirinya:Bangunan Candi Cangkuang yang sekarang dapat kita saksikan merupakan hasil pemugaran yang diresmikan pada tahun 1978. Candi ini berdiri pada sebuah lahan persegi empat yang berukuran 4,7 x 4,7 m dengan tinggi 30 cm. Kaki bangunan yang menyokong pelipit padma, pelipit kumuda, dan pelipit pasagi ukurannya 4,5 x 4,5 m dengan tinggi 1,37 m. Di sisi timur terdapat penampil tempat tangga naik yang panjangnya 1,5 m dan lébar 1,26 m.



 
Picture
Candi Borobudur
Candi Borobudur berbentuk punden berundak, yang terdiri dari enam tingkat berbentuk bujur sangkar, tiga tingkat berbentuk bundar melingkar dan sebuah stupa utama sebagai puncaknya. Selain itu tersebar di semua tingkat-tingkatannya beberapa stupa.

Borobudur adalah nama sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.


Picture
Candi Mendut
Hiasan yang terdapat pada candi Mendut berupa hiasan yang berselang-seling. Dihiasi dengan ukiran makhluk-makhluk kahyangan berupa bidadara dan bidadari, dua ekor kera dan seekor garuda. Candi Mendut adalah sebuah candi berlatar belakang agama Buddha. Candi ini terletak di desa Mendut, kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, beberapa kilometer dari candi Borobudur.
Candi Mendut didirikan semasa pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra. Di dalam prasasti Karangtengah yang bertarikh 824 Masehi, disebutkan bahwa raja Indra telah membangun bangunan suci bernama veluvana yang artinya adalah hutan bambu. Oleh seorang ahli arkeologi Belanda bernama J.G. de Casparis, kata ini dihubungkan dengan Candi Mendut.