1)  Bacalah laporan hasil pengamatan berikut! Objek pengamatan: Kerbau Tempat  : Di kandang kerbau Pak Sanif, Desa Mekarwangi Waktu   : Pukul 14.00−15.30 Tanggal 21 Januari 2006   Hasil-hasil Pengamatan Gerakan kerbau sangat lamban. Namun, hewan ini adalah pekerja yang ulet. Ia sanggup bekerja seharian penuh membajak sawah. Kerbau merupakan binatang kandang yang terbesar. Ia punya tanduk panjang dan kuku yang kuat. Namun, ia tidak galak. Ia senang bersahabat kepada seorang bocah sekalipun. Kerbau juga sangat setia kepada majikannya. Jarang sekali ia mengamuk ataupun berontak. Kerbau biasa hidup tertib. Ia pun tidak senang mengembara jauh dari kandangnya. Karena itu, para penggembalanya dapat asyik tidur-tiduran tanpa rasa takut kehilangan. (Dikutip dari Intisari Bahasa Indonesia, Penerbit Pustaka Setia)   Topik laporan hasil pengamatan tersebut adalah ….

A. makanan kesukaan kerbau
B. ukuran tubuh kerbau
C. tingkah laku kerbau
D. tugas-tugas kerbau

2)  Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini. Bakat menulis Sony sudah muncul sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak. Di tingkat mana Sony berhasil menjadi juara lomba menulis puisi anak?

A. provinsi
B. kecamatan
C. kabupaten
D. Kelurahan

3)  Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini. Bakat menulis Sony sudah muncul sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak. Mengapa karya-karya ayah Sony digemari banyak orang?

A. Karena ayah Sony baik hati dan senang menolong orang.
B. Karena karya-karya ayah Sony berisi cerita petualangan.
C. Karena tulisan ayah Sony dinilai dapat membahagiakan hati.
D. Karena ayah Sony terkenal sebagai seorang penulis yang hebat.
4)  Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini. Bakat menulis Sony sudah muncul sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak. Kesimpulan isi bacaan tersebut adalah …

A. Setiap orang memiliki bakat terpendam yang hebat.
B. Prestasi dapat diraih melalui perjuangan, ketekunan, dan kemauan kuat.
C. Dorongan orang tua sangat penting agar anak menjadi pintar.
D. Kebahagiaan bisa dicapai dengan tekun menulis cerita.

5)  Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini. Bakat menulis Sony sudah muncul sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak. Apa yang menjadi harapan Sony di masa depan?

A. menerbitkan banyak buku
B. menjadi juara di setiap lomba
C. menjadi seorang penulis terkenal
D. menulis puisi yang bagus-bagus

6)  Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini. Bakat menulis Sony sudah muncul sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak. Bagaimana cara Sony meraih berbagai prestasi?

A. Sony mewarisi kemahiran menulis dari ayahnya.
B. Sony terus-menerus menulis tanpa mengenal waktu.
C. Sony meminta dorongan semangat dari keluarganya.
D. Sony berkemauan kuat dan tekun menulis.

7)  Bagaimana bunyi butir pertama dasar negara dalam Piagam Jakarta sebelum diubah?  

A. Persatuan Indonesia
B. Ketuhanan Yang Maha Esa.
C. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya.
D. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

8)  Barang dan Jasa yang dikonsumsi dapat digolongkan menjadi 3. Contoh yang benar dibawah ini adalah barang yang habis satu kali pakai adalah ...

A. makanan, minuman
B. minuman
C. makanan
D. pakaian, sabun mandi

9)  Batu apung digunakan untuk keperluan ....

A. pengasah kayu supaya halus
B. mengasah pisau agar tajam
C. bahan pengeras jalan
D. dinding dan lantai rumah

10)  Batu bara dapat digunakan sebagai bahan pembuat …

A. aspal dan lem
B. solar dan pelumas
C. nilon dan kokas
D. oil dan solar



Leave a Reply.