1)  Pelaksanaan pendidikan kesehatan pada jam pelajaran sesuai dengan Garis-garis Besar Program Pengajaran mata pelajaran sains dan ilmu pengetahuan social adalah pelaksanaan pendidikan melalui …………..  

A. kegiatan kurikuler
B. kegiatan ekstrakurikuler
C. Palang Merah Remaja
D. Muatan Lokal

 
1)  Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .  

A. Heterofil
B. Homofil
C. Holomofil
D. Homogen

 
1)  Standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai efisien dan efektivitas  penyelenggaraan pendidikan disebut ….

A. Standar Proses.
B. Standar Kompetensi Lulusan.
C. Standar Sarana dan Prasarana.
D. Standar Pengelolaan.

 
1)  Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .  

A. Heterofil
B. Homofil
C. Holomofil
D. Homogen

 
1)  Pada mata pelajaran PKn, salah satu minat siswa usia sekolah dasar yang dapat teridentifikasi dalam proses          pembelajaran adalah minat terhadap ….  

A. masalah sosial
B. bidang olahraga
C. tubuh manusia
D. kesehatan manusia

 
1)  Lebah mendapatkan madu, dan bunga terjadi penyerbukan. Kerjasama seperti ini disebut . . . .

A. simbiosis mutualisme
B. simbiosis komensalisme
C. simbiosis parasitisme
D. simbiosis sarkasme

 
1)  Kemampuan awal/prasyarat yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari kompetensi dasar: ‘Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi negara tetangga’, adalah ….

A. mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia
B. mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Eropa
C. mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Asia
D. mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Afrika

 
1)  Dalam proses pembelajaran tentang kompetensi dasar: ‘mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)’, guru tampak dapat mengidentifikasi siswa yang selalu bertanya dan mampu membuat laporan tentang apa saja yang diminatinya dengan sangat baik. Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa guru dapat mengidentifikasi minat siswa terhadap …

A. seks
B. penampilan
C. kesehatan
D. pekerjaan

2)  DPR bekerja sama dengan presiden untuk menyusun undang-undang. Menyusun undang-undang merupakan perwujudan dari fungsi . . . .  

A. yudikasi
B. anggaran
C. legislasi
D. eksekusi

3)  Hai, Lekaslah ke mari. Tanda baca yang paling tepat digunakan pada akhir kalimat tersebut adalah ...  

A. tanya
B. titik
C. seru
D. titik koma

 
1)  Beberapa orang dari buruh Pak Basir bertugas mengandangkan sapi. Makna kata berecetak miring pada, kalimat tersebut adalah ... 

A. memasukkan
B. membuat
C. menggiring
D. menyimpan

2)  Bentuk persen dari 2/5 adalah .........

A. 50%
B. 10%
C. 40%
D. 20%

3)  Berikut ini karakteristik anak berkesulitan belajar Matematika yang sering dialami siswa usia sekolah dasar, kecuali ….

A. adanya gangguan hubungan keruangan
B. kesulitan dalam bahasa dan membaca
C. gangguan mengenal dan memahami simbol
D. performance IQ lebih tinggi dari skor Verbal IQ

 
1)  Bacalah laporan hasil pengamatan berikut! Objek pengamatan: Kerbau Tempat  : Di kandang kerbau Pak Sanif, Desa Mekarwangi Waktu   : Pukul 14.00−15.30 Tanggal 21 Januari 2006   Hasil-hasil Pengamatan Gerakan kerbau sangat lamban. Namun, hewan ini adalah pekerja yang ulet. Ia sanggup bekerja seharian penuh membajak sawah. Kerbau merupakan binatang kandang yang terbesar. Ia punya tanduk panjang dan kuku yang kuat. Namun, ia tidak galak. Ia senang bersahabat kepada seorang bocah sekalipun. Kerbau juga sangat setia kepada majikannya. Jarang sekali ia mengamuk ataupun berontak. Kerbau biasa hidup tertib. Ia pun tidak senang mengembara jauh dari kandangnya. Karena itu, para penggembalanya dapat asyik tidur-tiduran tanpa rasa takut kehilangan. (Dikutip dari Intisari Bahasa Indonesia, Penerbit Pustaka Setia)   Topik laporan hasil pengamatan tersebut adalah ….

A. makanan kesukaan kerbau
B. ukuran tubuh kerbau
C. tingkah laku kerbau
D. tugas-tugas kerbau

2)  Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini. Bakat menulis Sony sudah muncul sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak. Di tingkat mana Sony berhasil menjadi juara lomba menulis puisi anak?

A. provinsi
B. kecamatan
C. kabupaten
D. Kelurahan

3)  Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini. Bakat menulis Sony sudah muncul sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak. Mengapa karya-karya ayah Sony digemari banyak orang?

A. Karena ayah Sony baik hati dan senang menolong orang.
B. Karena karya-karya ayah Sony berisi cerita petualangan.
C. Karena tulisan ayah Sony dinilai dapat membahagiakan hati.
D. Karena ayah Sony terkenal sebagai seorang penulis yang hebat.