1.Sungai Kapuas
   Sungai Kapuas memiliki panjang sekitar 998Km yang berada di Kalimantan Barat. Sungai Kapuas ini juga sering disebut        Sungai Batang Lawai (Laue).
2.Sungai Mahakam
   Sungai Mahakan Memiliki panjang sekitar 920Km yang terletak di Kalimantan Timur. Sungai Ini melintasi wilayah Kabupaten    Kutai Barat di bagian hulu, hingga Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda di bagian hilir. Sungai Ini                        menghubungkan antara kota dan kabupaten yang ada di Kalimantan Timur.
3.Sungai Barito
   Sungai dengan panjang sekitar 704Km ini mempunyai nama lain yaitu Sungai Banjar Besar atau Sungai Banjarmasin.
4.Sungai Mamberamo
   Sungai Mamberamo adalah sebuah sungai sepanjang 684 km yang terletak di sebelah selatan Pegunungan Foja,                    Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua.
5.Sungai Digul
   Sungai Ini terletak di bagian timur tengah papua yang berasal dari pegunungan sterren. Sungai ini di kenal dengan sebutan    TANAH MERAH.
6.Sungai Musi
   Sungai dengan panjang 507Km ini terletak di provinsi Sumatera Selatan - Palembang. sungai ini membuat kota palembang    menjadi 2 bagian karna terbelah oleh sungai musi.
7.Sungai Bengawan Solo
   Sungai Bengawan Solo merupakan sungai terpanjang yg ada di Pulau Jawa (namun bukan terpanjang di Indonesia ya gan).    Panjang sungai ini mencapai 548 km. Hulu sungai ini berada di daerah Pegunungan Kidul, Wonogiri (Jawa tengah) dan            bermuara di Gresik (Jawa Timur). Adapun daerah yg dilewatin sungai ini mulai dari Wonogiri, Pacitan, Sukoharjo, Klaten,         Surakarta, Sragen, Ngawi, Blora, Magetan, Madiun, Bojonegoro, Tuban, Lamongan dan akhirnya Gresik.
 
  
 


Comments




Leave a Reply